6 Ayat Alquran Tentang Mulianya Perempuan dalam Islam - Nolpedia

6 Ayat Alquran Tentang Mulianya Perempuan dalam Islam

Ayat Alquran menyebutkan dengan tegas bahwa tidak ada superioritas antara laki-laki maupun perempuan, keduanya adalah mahluk Allah yang sangat dimuliakan berdasarkan akhlak dan kemampuannya.

Perempuan merupakan mahluk yang memiliki kemuliaan. Hal ini telah dijelaskan dalam ayat Alquran yang menyebut perempuan sebagai mahluk yang setara dengan laki-laki. Jika banyak orang berpendapat bahwa perempuan hanyalah mahluk kelas dua, ayat Alquran justru membantah pendapat tersebut dalam suatu konteks tertentu.

Semangat moral ayat Alquran menyebutkan dengan tegas bahwa tidak ada superioritas dan inferioritas sesama manusia. Baik laki-laki maupun perempuan, keduanya adalah mahluk Allah yang sangat dimuliakan berdasarkan akhlak dan kemampuan yang dimiliki.

Maka dari itu, tidak boleh ada pihak yang merasa lebih superior daripada yang lainnya. Selain itu jangan sampai ada kekerasan terhadap perempuan yang banyak dianggap sebagai mahluk lemah. Ayat Alquran membuktikan keharusan memuliakan perempuan.

jika kamu sedang berusaha memahami diri kamu sendiri sebagai perempuan atau sedang merasa insecure, sebaiknya mulai menanamkan pada diri sendiri bahwa perempuan juga mahluk yang pantas dimuliakan seperti halnya laki-laki.

Kali ini akan memaparkan ayat alquran yang berkaitan dengan kemuliaan perempuan di masyarakat, sebagai berikut:

Hak Mendapatkan Warisan

Ayat alquran yang menjelaskan tentang hak perempuan mendapatkan warisan adalah alquran surat An Nisa ayat 7 yang artinya:

Artinya: Bagi orang laki-laki ada hak bagian dari harta peninggalan ibu-bapak dan kerabatnya, dan bagi orang wanita ada hak bagian (pula) dari harta peninggalan ibu-bapak dan kerabatnya, baik sedikit atau banyak menurut bahagian yang telah ditetapkan.

Pada zaman jahiliyah, hak mendapat warisan hanya diperuntukkan bagi laki-laki saja. Menurut Imam Qurtubi, maksud dari ayat alquran ini adalah untuk menghilangkan apa yang menjadi kebiasaan orang jahiliyah terhadap wanita terkait harta warisan.

Dalam ayat Alquran yang lain, surat An Nisa ayat 11 juga dijelaskan perempuan mendapat warisan separuh dari harta warisan bagian laki-laki.

“ Allah mensyariatkan bagimu tentang (pembagian pusaka untuk) anak-anakmu, yaitu bagian seorang anak lelaki sama dengan bagian dua orang perempuan.”

Hak Peroleh Mahar

Ayat Alquran juga menyebutkan hak perempuan mendapatkan mahar ketika dipinang oleh lelaki. Hal ini tertulis dalam ayat Alquran surat An Nisa ayat 4 yang artinya:

“ Berikanlah maskawin (mahar) kepada wanita (yang kamu nikahi) sebagai pemberian dengan penuh kerelaan. Kemudian jika mereka menyerahkan kepadamu sebagian dari maskawin itu dengan senang hati, maka makanlah (ambillah) pemberian itu (sebagai makanan) yang sedap lagi baik akibatnya.”

Kesetaraan Laki-Laki dan Perempuan

Ayat alquran juga menjelaskan tentang penciptaan manusia dari seorang laki-laki dan perempuan. Artinya kesamaan asal mula biologis mengindikasikan adanya persamaan antara sesama manusia.

Berikut ayat Alquran yang menjelaskan tentang kesetaraan antara laki-laki dan perempuan:

“ Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Perintah Berlaku Baik Kepada Istri

Perempuan yang sudah berumah tangga atau yang disebut istri harus diperlakukan dengan baik oleh suami. Hal ini sesuai firman Allah dalam surat An Nisa ayat 19 yang artinya:

“ Dan bergaullah dengan mereka secara patut…”

Menurut Tafsir Ibnu Katsir menyebutkan ayat ini “ perindah ucapan kalian terhadap mereka (para istri) dan perbagus perbuatan serta penampilan kalian sesuai kemampuan. Sebagaimana engkau menyukai bila dia ( istri) berbuat demikian, maka engkau (semestinya) juga berbuat yang sama.”

Nabi Saw bersabda: “ Sebaik-baik kah’an adalah yang paling baik terhadap keluarga. Dan aku adalah orang yang paling baik di antara kalian terhadap keluarga (istri)ku.” (HR. Tirmidzi).

Tetap Berlaku Baik Meski Tidak Suka

Allah Swt juga memerintahkan untuk tetap bersikap baik kepada istri meskipun dalam keadaan tidak menyukainya. Hal ini sesuai dengan ayat Alquran surat An Nisa ayat 19 yang artinya:

“ Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.”

Rasulullah Saw bersabda: Janganlah  seorang Mukmin membenci seorang Mukminah, jika ia tidak suka satu perangainya, (bisa jadi) ia ridha (senang) dnegan perangainya yang lain. (HR. Muslim)

Suami Tidak Boleh Meminta Mahar yang Sudah Diberikan Jika Bercerai

Ayat Alquran juga menyebutkan bahwa jika sang suami menceraikan istrinya, maka ia tidak boleh meminta kembali mahar yang sudah ia berikan kepada istrinya. Hal ini sesuai ayat Alquran surat An Nisa ayat 20-21 yang artinya:

“ Dan jika kamu ingin mengganti istrimu dengan istri yang lain, sedang kamu telah memberikan kepada seorang di antara mereka harta yang banyak, maka janganlah kamu mengambil kembali sedikit pun darinya. Apakah kamu akan mengambilnya kembali dengan jalan tuduhan yang dusta dan dengan (menanggung) dosa yang nyata? Dan bagaimana kamu akan mengambil kembali, padahal kamu telah menggauli satu sama lain (Sebagai suami istri). Dan mereka (istri-istrimu) telah mengambil perjanjian yang kuat (ikatan pernikahan) dari kamu.”

0 Response to " 6 Ayat Alquran Tentang Mulianya Perempuan dalam Islam "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel