Tata Cara Sholat Istikharah untuk Jodoh, Beserta Niat Dan Doanya - Nolpedia

Tata Cara Sholat Istikharah untuk Jodoh, Beserta Niat Dan Doanya

Sholat istikharah adalah sholat sunnah yang dikerjakan saat seseorang sedang mengalami kebimbangan. Sholat istikharah bertujuan untuk memohon petunjuk terbaik dari Allah SWT. Salah satu yang sering dihadapi adalah perkara jodoh.

Selain itu masih banyak tujuan dari sholat istikharah yang diperuntukkan untuk pilihan-pilihan yang lain dalam kehidupan, seperti pekerjaan, sekolah, peluang, memilih jurusan kuliah, dan lain sebagainya.

Sholat istikharah umumnya dilaksanakan pada sepertiga malam, namun dapat pula dilakukan kapanpun sesuai dengan waktu yang diperbolehkan mengerjakan sholat sunnah.

Untuk melaksanakan sholat istikharah dengan baik dan benar, diperlukan panduan menurut syariat Islam. Tata cara sholat istikharah perlu dipelajari dan dipahami bagi orang yang hendak melaksanakannya.


Tata Cara Sholat Istikharah

Berikut ini tata cara sholat istikharah secara lengkap:

  1. Membaca niat sholat istikharah.
  2. Niat sholat istikharah adalah sebagai berikut: Usholli sunnatan istikhoroti rak’ataini lillahi ta’ala. Artinya: Saya berniat sholat sunnah istikharah dua rakaat karena Allah Ta’ala.
  3. Takbiratul ihram
  4. Membaca surat Al Fatihah
  5. Membaca surat dari alquran, disunnahkan Surat Al Kafirun
  6. Ruku’ dengan tuma’ninah
  7. I’tidal dengan tuma’ninah
  8. Sujud dengan tuma’ninah
  9. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  10. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  11. Berdiri lagi melanjutkan rakaat kedua
  12. Membaca surat al fatihah
  13. Membaca surat dari alquran, disunnahkan surat al Ikhlas
  14. Ruku’ dengan tuma’ninah
  15. I’tidal dengan tuma’ninah
  16. Sujud dengan tuma’ninah
  17. Duduk di antara dua sujud dengan tuma’ninah
  18. Sujud kedua dengan tuma’ninah
  19. Duduk tahiyat akhir dengan tumaninah
  20. Membaca tahiyat akhir.
  21. Salam

Doa Sholat Istikharah

Setelah salam, dianjurkan untuk membaca doa setelah sholat istikharah. Berikut doanya:

“ Allahumma inni astakhiruka bi ‘ilmika, wa astaqdiruka bi qudratika, wa as-aluka min fadhlika, fa innaka taqdiru wa laa aqdiru, wa ta’lamu wa laa a’lamu, wa anta ‘allaamul ghuyub.

Allahumma fa-in kunta ta’lamu hadzal amro (menyebutkan persoalannya) khoiron lii fii ‘aajili amrii wa aajilih (aw fii diinii wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii) faqdur lii, wa yassirhu lii, tsumma baarik lii fiihi.

Allahumma in kunta ta’lamu annahu syarrun lii fii diini wa ma’aasyi wa ‘aqibati amrii (fii ‘aajili amri wa aajilih) fash-rifnii ‘anhu, waqdur liil khoiro haitsu kaana tsumma rodh-dhinii bih”.

Artinya:

" Ya Allah, sesungguhnya, aku memohon kebaikan kepada-Mu dengan ilmu-Mu, aku memohon kemampuan kepada-Mu dengan kekuasaan-Mu dan aku memohon kepada-Mu dari anugerah-Mu yang Agung. Sesungguhnya, Engkau Mahakuasa sedang aku tidak kuasa, Engkau Mahatahu sedang aku tidak mengetahui, Engkaulah Dzat yang Maha Mengetahui perkara yang gaib.

Ya Allah, apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini (menyebutkan persoalannya) adalah baik bagiku dalam agamaku, kehidupanku, dan akhir urusanku, maka tentukanlah untukku, mudahkanlah jalannya dan berkahilah aku di dalamnya.

Dan apabila Engkau mengetahui bahwa urusan ini adalah buruk bagiku dalam agamaku, kehidupanku dan akhir urusanku, maka jauhkanlah ia dariku dan jauhkanlah diriku darinya, tentukanlah untukku apapun yang terbaik, kemudian jadikanlah aku ridha dengannya.”

0 Response to " Tata Cara Sholat Istikharah untuk Jodoh, Beserta Niat Dan Doanya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel