Tata Cara Sholat bagi Ibu Hamil - Nolpedia

Tata Cara Sholat bagi Ibu Hamil

Bagi ibu hamil, ia tetap wajib melaksanakan sholat sesuai dengan kemampuannya.

Dream – Sholat lima waktu adalah ibadah wajib bagi setiap Muslim. Namun, ada beberapa kondisi yang menyebabkan seseorang sulit melakukan gerakan sholat, salah satunya ibu hamil.

Beban fisik ibu yang sedang mengandung cukup berat. Selain menjaga kondisi badan, sang ibu juga harus menjaga janinnya. Saat masih di dalam perut, janin dalam kondisi rawan. Tekanan sedikit saja dapat mempengaruhi janin.

Meski begitu, ibu yang tengah hamil tetap wajib melaksanakan sholat lima waktu. Namun, Allah SWT telah memberikan kemudahan, sehingga ibu hamil dapat beribadah sesuai dengan kemampuannya.

Seperti firman Allah dalam Al-Quran, “ Bertaqwalah kepada Allah semampu kalian.” (QS. At-Taghabun: 16)

Lalu bagaimana tata cara sholat bagi ibu hamil? Simak ulasannya berikut ini.

Kaidah Umum Tata Cara Sholat

Allah SWT tak pernah membebani umat-Nya di luar batas kemampuannya. “ Allah tidak membebani satu jiwa kecuali sesuai kemampuannya.” (QS. Al-Baqarah: 286).

Untuk itu, selalu ada kemudahan di balik perintah yang diberikan. Terlebih bagi mereka yang memiliki kondisi khusus, seperti ibu hamil.

Umumnya ada beberapa posisi sholat yang dapat dilakukan dalam konsisi tertentu, yaitu posisi pertama dan utama adalah dengan berdiri. Posisi ke dua dengan duduk jika tidak bisa berdiri. Sedangkan posisi ketiga dengan berbaring jika duduk tidak bisa.

Ada riwayat dari sahabat Imran bin Hushain RA. Suatu saat, Imran bertanya kepada Rasulullah SAW, mengenai cara sholat yang tepat karena sedang terkena penyakit wasir.

“ Sholatlah sambil berdiri, jika tidak mampu, kerjakan sambil duduk, jika tidak mampu, kerjakan dengan berbaring miring.” (HR Bukhari).

Sementara untuk ibu hamil, penjelasan dari Imam Ibnu Qudamah dalam kitab Al Mughni bisa dijadikan pegangan.

" Orang yang mampu berdiri, namun tidak bisa rukuk dan sujud, maka kewajiban berdiri tidak menjadi gugur baginya. Namun dia tetap sholat sambil berdiri, dan berisyarat ketika rukuk (dengan posisi berdiri), kemudian duduk dan berisyarat untuk sujud. Dan ini merupakan pendapat As Syafii."

Tata Cara Sholat Bagi Ibu Hamil

Ibu hamil termasuk golongan yang tidak mampu. Sehingga mereka diberikan kemudahan dalam melaksanakan sholat. Berikut ini tata cara sholat bagi ibu hamil.

Ibu hamil sholat di kursi atau lantai

Jika seorang ibu hamil tidak bisa berdiri untuk melaksanakan sholat, maka dapat duduk diatas kursi. Namun, lebih disunnahkan untuk duduk diatas lantai jika mampu.

Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin ra berkata, “ Jika tidak mampu berdiri maka sholat dengan cara duduk dan yang paling baik caranya dengan duduk bersila pada tempat berdiri dan rukuk.”

Beliau juga menegaskan, “ Sholat duduk bersila bukanlah hal yang wajib, ia bisa sholat dengan cara yang ia inginkan (mudah) karena Nabi SAW bersabda, ‘jika tidak mampu maka dengan cara duduk’. Beliau tidak menjelaskan tata cara duduknya.”

Bisa berisyarat ketika rukuk dan sujud

Jika seorang ibu hamil mampu berdiri, ia dapat melakukan rukuk dan sujud dengan berisyarat. Kemudian jika ia mampu duduk, maka dapat berisyarat ketika sujud.

Syaikh Abdul Aziz bin Baz ra berkata,“ Barang siapa yang mampu berdiri dan tidak mampu sujud atau rukuk, maka tidaklah gugur kewajiban berdiri. Ia tetap sholat berdiri dan berisyarat ketika rukuk (dalam keadaan berdiri) kemudian duduk dan berisyarat untuk sujud. Ia jadikan sujudnya lebih rendah daripada ruku’nya. Jika tidak mampu sujud saja maka ia rukuk dan berisyarat ketika sujud."


Sumber: muslimafiyah.com

0 Response to " Tata Cara Sholat bagi Ibu Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel