Inilah Manusia yang Paling Dicintai Allah SWT - Nolpedia

Inilah Manusia yang Paling Dicintai Allah SWT

Siapa manusia yang paling dicintai-Nya?

Dicintai oleh manusia lain itu hal yang biasa, tapi dicintai oleh Allah SWT adalah hal yang luar biasa. Lantas bagaimana caranya agar Allah SWT mencintai kita? Inilah amalan utama yang perlu dilakukan.

Setiap orang pasti pernah mencintai seseorang. Tidak melulu pasangan, cinta juga bisa diberikan kepada orang tua, adik, kerabat, teman dan lainnya. 

Lantas bagaimana perilaku seseorang yang mencintai orang lain? Saat kita mencintai seseorang, pasti kita selalu ingin yang terbaik untuk dia. Rela memberikan bantuan apapun demi kebahagiaannya. 

Bahkan tak jarang, kita akan mengorbankan sesuatu yang berharga untuk orang yang kita cintai. Misalnya dengan memberi hadiah, memberikan bantuan saat sulit, mendengarkan saat ia curhat dan lainnya. 

Itu saat manusia mencintai manusia lainnya. Lantas bagaimana jika Allah SWT, pemilik seluruh alam semesta ini mencintai hamba-Nya? 

Sudah pasti Allah bisa memberikan segalanya untuk orang yang Dia cintai. Karena Allah Maha Kaya dan Maha Kuasa, maka tentu mudah untuk-Nya mengabulkan permohonan hamba yang dicintai-Nya. 

Mudah memberikan bantuan saat hamba-Nya kesulitan, mudah memberikan banyak kebaikan untuk hamba-Nya. 

Oleh sebab itu, mari berupaya untuk menjadi salah satunya, selain berharap ridho Allah SWT, inshaallah kita juga akan mendapatkan keselamatan baik di dunia maupun di akhirat.

Amalan agar Allah Cinta

Allah SWT memerintahkan kita  untuk saling tolong menolong dan juga memudahkan urusan orang lain. Allah SWT juga berjanji akan melepaskan satu kesusahan pada hari kiamat kelak dan memudahkan urusan dunia dan akhirat bagi orang yang mengamalkannya. 

Dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad SAW, bersabda: 

“Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya”. (HR Muslim, lihat juga Kumpulan Hadits Arba’in An Nawawi hadits ke 36).

Keutamaan Menolong Orang Lain 

Menolong dan memudahkan urusan orang lain juga memiliki berbagai keutamaan. Di antaranya mengacu pada kisah Rasulullah yang tertuang dalam hadits riwayat Imam Thabrani berikut:

Pada suatu hari Rasulullah SAW ditanya oleh sahabat beliau, “Ya Rasulullah, siapakah manusia yang paling dicintai Allah dan apakah perbuatan yang paling dicintai Allah?" 

Rasulullah SAW kemudian menjawab,

“Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah manusia yang paling banyak bermanfaat dan berguna bagi manusia yang lain. Sedangkan perbuatan yang paling dicintai Allah adalah memberikan kegembiraan kepada orang lain atau menghapus kesusahan orang lain, atau melunasi utang orang yang tidak mampu untuk membayarnya, atau memberi makan kepada mereka yang sedang kelaparan dan jika seseorang itu berjalan untuk menolong orang yang sedang kesusahan itu lebih aku sukai daripada beri’tikaf di masjidku ini selama satu bulan.” (HR. Thabrani).

Selain itu, ada hadist juga yang menyebutkan bahwa memberi bantuan pada orang lain bisa menolak bala, sebagaimana dinyatakan, “Sedekah itu dapat menolak tujuh puluh pintu bala.” (HR Thabrani).

ertolongan Allah SWT kepada seseorang juga tergantung pada pertolongan yang dilakukannya antar manusia. “Sesungguhnya Allah akan menolong seorang hamba-Nya selama hamba itu menolong orang lain.” (Hadits Muslim, Abu Daud Dan Tirmidzi).

Masyaallah, tak hanya dicintai oleh Allah SWT, saling tolong menolong dan memudahkan urusan orang lain juga memberikan berbagai keutamaan untuk kita. 

Semoga kita semua termasuk orang-orang yang istiqomah untuk selalu berusaha bermanfaat dan berguna bagi orang lain. Selain itu juga bisa jadi hamba Allah yang saling tolong menolong dan menghapus kesusahan orang lain. Aamiin ya robbal alamiin.

0 Response to " Inilah Manusia yang Paling Dicintai Allah SWT"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel