6 Tanda Sholatnya Orang Munafik, Jangan Sampai Kita Termasuk Didalamnya - Nolpedia

6 Tanda Sholatnya Orang Munafik, Jangan Sampai Kita Termasuk Didalamnya

Tak hanya dusta, ingkar dan khianat 

Berikut ciri-ciri orang munafik dalam melaksanakan ibadah sholat. Apakah ada ciri-ciri kemunafikan dalam dirimu? Jika ada, maka pergunakan kesempatan umur yang diberikan Allah SWT untuk mengubahnya. Semoga kita dijauhkan dengan sifat-sifat kemunafikan. 

Dalam bahasa Arab dan ajaran Islam, munafik merujuk pada mereka yang berpura-pura mengikuti ajaran agama tetapi sebenarnya tidak mengakui agama dalam hatinya. 

Allah SWT sangat membenci orang-orang yang munafik sebagaimana yang tertera dalam firman-Nya di Surat An Nisa ayat 142: 

"Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali."

Berdasarkan hadist dan ayat-ayat di Al Quran terdapat tiga ciri orang munafik. Diantaranya adalah berdusta, ingkar dan juga berkhianat. 

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Tanda-tanda orang munafik ada tiga: jika berbicara dia berdusta, jika berjanji dia mengingkari, dan jika diberi amanah dia berkhianat.” (HR. Al-Bukhari)

Selain tanda-tanda tersebut, ada pula ciri-ciri orang munafik lainnya, utamanya dalam urusan ibadah sholat. Ciri-ciri tersebut diterangkan dalam hadist berikut ini: 

“Itulah shalat orang munafik. Itulah shalat orang munafik. Itulah shalat orang munafik. (Yaitu) dia menunggu matahari sampai hampir terbenam kemudian dia berdiri (untuk shalat ashar), lalu mempercepat (tanpa ada rasa khusyuk sedikitpun) empat rakaat, tanpa mengingat Allah di dalamnya kecuali sedikit sekali.” (HR. Imam Muslim)

6 Ciri Shalatnya Orang Munafik 

Imam Ibn al-Qayyim rahimahullah juga pernah menyebutkan ada enam sifat dalam sholat yang merupakan ciri orang munafik:

  1. Malas dalam mengerjakannya
  2. Ingin dilihat manusia ketika melaksanakanya
  3. Menunda-nunda waktunya
  4. Tergesa-gesa dalam gerakannya
  5. Sedikit mengingat Allah di dalamnya
  6. Tertinggal dari jama’ahnya (meninggalkan sholat berjamaah bagi kaum pria).

(As-Shalatu wa Hukmu Tarikiha: 1/173).

Lantas, adakah sifat-sifat tersebut dalam dirimu? Jika ada, semoga muncul rasa takut dan khawatir dalam diri kita, sehingga ada perasaan ingin berubah dan menjadi hamba yang lebih baik lagi. 

Sebab Allah SWT adalah maha pengampun dan penerima taubat. 

Malas Berjamaah dan Berat Kerjakan 2 Shalat ini 

Selain ciri-ciri diatas, ada ciri lainnya dari orang munafik perihal menjalankan ibadah sholat. Orang munafik biasanya malas melakukan shalat berjamaah. 

Tak hanya itu, ada pula dua macam shalat yang paling berat bagi kaum munafik, yakni shalat Shubuh dan shalat Isya. 

Perihal itu, Imam Al-Qurthubi menjelaskan bahwa saat datang waktu Isya biasanya orang-orang sudah kelelahan selama seharian beraktivitas dan bekerja sehingga timbul rasa malas untuk melaksanakan shalat.

Sama halnya dengan saat waktu subuh, mereka lebih memilih untuk melanjutkan tidurnya, dibandingkan dengan melaksanakan shalat. 

Padahal, Rasulullah mengungkapkan jika mereka mengetahui pahala yang ada pada keduanya niscaya mereka akan mendatanginya meski merangkak. 

Di dalam QS al-Maun, Allah SWT pun mengecam orang-orang yang lalai dalam shalatnya. Sehingga Allah tak segan-segan mencelakai orang yang lalai dalam shalatnya.

Allah SWT berfiman, “Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman (yaitu) orang-orang yang khusyu’ dalam sembahyangnya.” (QS. Al-Mu’minun: 1-2). 

Itulah ciri orang munafik dalam shalatnya. Jika kita masih sering malas dan berat dalam shalat, mulai sekarang marilah bertaubat sesegera mungkin. Mumpung Allah SWT masih memberikan kesempatan pada kita berupa umur dan juga kesehatan. 

Mudah-mudahan Allah memudahkan dan meringankan langkah kita untuk menjalankan shalat yang merupakan tiang agama ini. Aamiin ya robbal alamin.


0 Response to " 6 Tanda Sholatnya Orang Munafik, Jangan Sampai Kita Termasuk Didalamnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel